Herzlich Willkommen

Live processing contents

Thursday, October 7, 2010

Membuat HelloWorld dengan Java Menggunakan TextEditor (Notepad)

SISTEM INFORMASI
Langkah pertama adalah instalasi JDK, bisa di download di www.sun.java.com, dalam tulisan ini JDK yang digunakan adalah JDK.1.6.7, untuk mengetahui versi JDK yang dimiliki dapat dilihat pada command prompt dengan mengetikan perintah java –version.

GAMBAR PROSES CREATE & COMPILE





Namun setelah proses instalasi selesai, perlu dilakukan pengaturan JAVA_HOME. Untuk s
etting JAVA_HOME maka dapat dilakukan dengan memilih My Computer pada windows kemudian klik kanan dan pilih properties. Pada tab advance, pilih Environment Variabels dan buatlah variabel baru
dengan nama JAVA_HOME dan isi dengan path direktori tempat instalasi JDK, biasanya secara default instalasi ini ada di direktori C:\program files\java\jdk... 
Setelah proses ini selesai maka kita akan memulai membuat aplikasi java pertama.
Langkah pertama buatlah folder baru di direktori C (bisa dimanapun) dengan nama belajarJava.
Langkah berikutnya buatlah file HelloWorld.java dengan menggunakan notepad dan simpan di dalam folder BelajarJava.
Ketikan listing berikut dalam HelloWorld.java
public class HelloWorld{
  public static void main(String[] args){
    System.out.println("Hello Dunia, ini adalah program Java Pertamaku!!!!");
  }
}

Langkah selanjutnya buka command prompt dan arahka pada direktori BelajarJava, bisa dilakukan dengan mengetikan perintah :
C:\>cd belajarjava
Untuk mengcompile file HelloWorld.java kita menjadi HelloWorld.class, maka pada command prompt bisa dilakukan dengan mengetikan C:\>javac HelloWorld.java atau dengan perintah C:\>javac *.java
Nb : perintah javac HelloWorld.java memerintahkan java compiler untuk mengkompile file HelloWorld.java saja, dengan kata lain jika dalam folder BelajarJava terdapat beberapa file berekstensi java maka java compiler tidak akan melakukan kompilasi, jika ingin mengompile semua file berekstensi java pada folder BelajarJava maka dapat dilakukan dengan perintah javac *.java
Jika dalam HelloWorld.java tidak terdapat error, maka pada command prompt akan ditampilkan direktori BelajarJava. Jika terdapat error, maka pada command prompt akan ditampilkan pesan error.
Untuk mencoba melihat pesan error, maka edit file HelloWorld.java dan ganti HelloWorld dengan helloWorld. Lakukan kompilasi dan lihat hasilnya pada konsole atau command prompt. 

Pada gambar di atas (up) terdapat 1 pesan error, “HelloWorld.java : 1 class helloWorld is public.....”
Error ini adalah adanya kesalahan pada penamaan, java adalah bahasa pemrograman yang case sensitif, sehingga setiap penulisan harus sama persis. Misal HelloWorld.java, maka pada penulisan public class harus sama persis dan hal ini juga berlaku jika kita akan mengimport kelas-kelas java yang lain.
Untuk itu, ubah kembali helloWorld dengan HelloWorld pada HelloWorld.java dan lakukan kompilasi ulang dengan perintah javac HelloWorld.java atau javac *.java.
Jika proses kompilasi berhasil, maka pada ketikan perintah DIR pada Command Prompt, berikut adalah perintahnya. Jangan lupa command prompt harus berada pada folder BelajarJava C:\>BelajarJava\DIR

Sampai dengan tahap ini proses kompilasi sudah selesai, tahapan berikutnya adalah proses run atau menjalankan program java pertama kita yaitu HelloWorld.java
Pada command prompt ketikan perintah : java HelloWorld
Perintah java HelloWorld adalah perintah untuk menjalankan kelas-kelas java.
Pada gambar di atas terlihat pesan yang kita buat pada HelloWorld.java
Penjelasan Kode Program :
public class HelloWorld() à deklarasi kelas java, penamaan kelas harus sama dengan penamaan file.
public static void main (String[] args) à konstuktor utama untuk menjalankan kelas java. Jika dalam kelas tidak ada baris ini maka java compiler tidak bisa menjalankan program yang dimaksud. Untuk mengetahuinya maka ubah file HelloWorld.java dan hilangkan deklarasi main. Simpan dan kompilasi ulang, kemudian run dengan menggunakan perintah java HelloWorld.
Akan muncul eksepsi, dengan kata lain java memerlukan method main untuk dapat menjalankan program java atau mengeksekusi kelas java.
System.out.println(“”); à adalah perintah untuk menampilkan String atau nilai tertentu ke dalam console.
Sampai disini program java pertama kita sudah selesai dan bisa dijalankan dengan benar.
Langkah berikutnya adalah membuat jar file. Jar adalah file kompress untuk kelas-kelas java. Dengan jar kita bisa menjalankan program java atau kita bisa menggunakan kelas-kelas dalam jar untuk membuat program java.
Untuk membuat HelloWorld.jar, pada Command Prompt ketikan perintah jar cvf {nama_jar} {kelas_java}
{nama_jar} adalah nama jar file yang diinginkan.
{kelas_java} adalah kelas java yang akan di simpan ke dalam jar file
Untuk contoh helloworld ini berikut adalah perintah membuat jar. (pict. above)


"WE SUPPORT OPEN SOURCE MORE BETTER"

1 comment:

  1. ada yg mau tanya nh.,
    Helloworld.java yang saya buat terdapat di direktori C,

    setelah itu mau saya compile.,
    namun di cmd saya direktori c nya seperti ini :

    C:\Users\ericha>

    bagaimana biar helloworld yang sudah di buat dapat dicompile..

    terimakasih...

    ReplyDelete