Herzlich Willkommen

Live processing contents

Friday, December 10, 2010

Erasmus Mundus - NOHA Mundus

1. Skema untuk ambil NOHA
NOHA bisa diambil dengan beberapa skema, lewat Erasmus atau Ford, itu bisa ke uni mana saja. Lewat NESO atau STUNED (harus apply ke Groningen). Bisa juga apply beasiswa langsung ke Groningen atau apply sebagain international student, bayar sendiri tapi. Erasmus waktu saya perbulan terima 1600 Euro, Ford Foundation 1600US$, NESO/Stuned 900Euro, Groningen scholarship 600 Euro. Pertimbangannya, Erasmus itu seleksinya internasional dan kalau dulu jatah orang Indo (kelihatannya masih sampai sekarang) itu 1 orang pertahun. Ford diutamakan untuk masyarakat marjinal dan mereka yang belum pernah keluar negeri. NESO dan Stuned harus minimal 2 tahun bekerja di institusi yang sama dan mereka merekomendasikan anda dan anda bisa kembali bekerja di sana lagi (untuk LSM sebetulnya dimaafkan kalau setelah kuliah tidak kembali ke institusinya, tapi memang minimal 2 tahun di perusahaan yang sama waktu mendaftar). Kalau bayar sendiri rasanya sekitar 10,000 Euro uang kuliahnya. 
 
2. Cara mendaftar
LIhat website NOHA, kalau mau mendaftar lewat Erasmus, anda hanya bisa mengirimkan 1 aplikasi. Jadi isi formnya tulis uni mana yang jadi tujuan utk orientasi, semester 1 & 2. Nama uni tdk boleh sama, jadi tidak bisa mengisi semester 1 dublin, semester 2 dublin lagi. Kalau tidak bisa berbahasa non Inggris, jangan daftar Bilbao, Marseilles dan Louvain. Kirim semua aplikasi ke consorsium noha (Deusto), nanti mereka yang akan kirim ke uni tujuan pertama anda. Ingat JANGAN KIRIM KE UNINYA LANGSUNG, karena anda dikira akan mengambil program NOHA dengan biaya sendiri
 
3. Hal yang perlu diperhatikan
Tiap uni programnya sama untuk semester 1, tapi ada spesialisasi untuk semester 2. Dublin: society in transition; Groningen: security; Uppsala: conflict resolution; Bochum: humanitarian management. Kamu mesti lihat nanti mau spesialisasinya apa, pilih itu di semester 2.
 
4. You don't hear from me
Pengalaman saya ikut NOHA, kualitas uni tidak sama. Saya rasa program Groningen sangat tidak bagus (meskipun tinggal di belanda cukup menyenangkan), jadi saya tidak pernah rekomen untuk ambil Groningen. Jatah Indonesia belakangan ini banyak diambil dosen UGM karena Groningen itu sister university dengan UGM dan UGM akan mendirikan master in humanitarian action (pertama di Indo lho). Waktu angkatan saya, dari 30 orang penerima NOHA lewat Erasmus, cuma 1 orang yang belum punya master degree (NOHA juga master saya yang kedua), jadi saya tidak tau berapa besar kesempatan mereka yang dari S1 untuk ambil NOHA. Selain itu, waktu angkatan saya, ada peraturan kandidat harus punya pengalaman kerja di bidang humanitarian minimal 2 tahun DI DUA NEGARA DILUAR NEGARA ASAL KANDIDAT. Nah, saya tidak tau apa peraturan yang terakhir ini masih dipasang atau tidak. 
 
beasiswa ini menerapkan sistem Joint Application Procedure. Anda tinggal mencantumkan 2 universitas yang anda pilih dari sekian universitas yang berpartisipasi untuk program ini (misalnya University College Dublin, Irlandia dan Uppsala universitet, Swedia), ketika anda melakukan aplikasi.

Anda diwajibkan melakukan aplikasi secara online dan kemudian mengirimkan berkas-berkas yang sebelumnya sudah diupload ketika mendaftar online ke alamat yang tertera di situs tersebut sebelum tenggat waktu tersebut di atas.

 

No comments:

Post a Comment