Herzlich Willkommen

Live processing contents

Tuesday, December 21, 2010

GOOGLE sandaran pelajar saat ini, benarkah ?

Wah wah… sudah enggak pernah diajarin, langsung ujian pula … mana silabus rasanya seperti makan GAJAH dalam SEMENIT ! itulah gambaran sekelumit beberapa pelajar saat ini mungkin lebih di tingkat universitas atau mungkin pula di beberapa sekolah ( yang ini Allahu’alam). Nah gara-gara kondisi seperti itu para sebut saja Korban (sebutan kondisi si pelajar serabutan ) sering putus pikiran dimana baca buku juga dah mentokk… 
coba juga gagal terusss, mana deadline juga dah ngerjar ya akhirnya masuklan ke jebakan mbah GOOGLE  yang ngasih tau semuaaaaaa hasil tugas, pe –er , laporan, tugas akhir bahkan SKRIPSI lhooo. 

Tinggal click and search, walla semua ketemu – walau ada yang cuman nyerempet-nyerempet dikit, cuman ya lumayan banget gitu loooh. Pikir dipikir oleh si Korban dah gak bisa mikir lagi di jurang deadline ya begitulah tinggal jari – jari bergerak menyentuh control+c  dan control+v.  

yah apa boleh buat dari pada gak ngerja-ngerjain…. TAPI !!! dampaknya bisa jadi 3, 4, 5 tahun ke depan semua berkiblat pada instanitas ala GOOGLE klo dah masuk dunia kerja bagaimana ya… tapi nggak gitu juga kok, adakalanya memang semua harus mencari dan mencari walau banyak juga yang menyalahkan untuk jangan plagiatisme dari google, apa memang kita selalu mengekor pada jaman dimana yang selalu disalahkan adalah si korban dan teknologi  instan dan murah … sepertinya tata pengajaran juga sudah berubah dimana jaman dahulu seluruh pelajar mencari ilmu dengan berbagai macam buku lumayan muahaaal (harus dibeli langsung baru dibaca walau bentuk stensilan demi ngirit) tetapi sekarang kita lihat lagi sepertinya pengajar  juga terlihat terlalu membiarkan pelajarnya untuk mencari ilmu tanpa konsep yang matang. 

Perlu diingat juga, di Indonesia ini kan belum sepenuhnya berprinsip ala ANAK AYAM, yang langsung bisa cari makan sendiri (yang estimasi aja mungkin 1:100 yang seperti itu) ya, sisanya terlihat masih seperti ANAK BEBEK yang walau digiring dengan tali pecut, mereka masih aja berjalan tidak teratur atau maunya dewek (sendiri) itulah gambaran kondisi saat ini dimana kreativitas dengan ber-GOOGLE ria harus didukung dengan metode belajar yang sangat berbeda pula sehingga murid tidak serasa AMBIGU dengan pikiran di GOOGLE aja ada kok musti dijadiin Pe-er, atau lebih parah lagi dengan anggapan : “Kayaknya lebih pinter GOOGLE deh dibanding dengan TUTOR atau PENGAJAR ini !” ngapain saya harus buang waktu tinggal search aja. “ Wah, klo sudah beginikan sudah tarap BAHAYA juga sistem pembelajaran di Indonesia ini.    

Murid sering GOOGLING – pengajar juga GOOGLING akhirnya ketemu dimana pemikiran keduanya hanya berisi sepertinya guru saya ngajar kayak yang di GOOGLE deh dan sang Guru juga berpikir ini murid kayaknya nyontek di GOOGLE deh. Kok GOOGLE lagi GOOGLE lagi, kondisi ini dapat dilihat bahkan di tingkat sekolah dasar.   

Yah, cuman mau membuat pesan saja, agar semua hal juga harus berubah, Teknologi selalu bergerak cepat, apakah metode dan sistem belajar kita sudah bisa mengikutinya, jika tidak …. ?

1 comment:

  1. bener Gin..setuju dengan mbah GOOGLE aja wkwkwkw

    itulah efek dari suka belajar "instan", maunya cling...langsung bisa (maksudnya bisa ngerjain tugas)...tanpa harus bersusah payah belajar palagi pake baca buku setebel bantal....:D

    ReplyDelete